-

Barang yang Dijual di Fotocopy & Toko ATK

Barang yang Dijual di Fotocopy & Toko ATK
Secara umum barang yang dijual di fotocopy biasanya juga tersedia pada sebuah toko yang menjual ATK atau alat tulis kantor. Nah jika Anda tertarik untuk membuka usaha jasa fotocopy namun terkendala modal, maka membuka usaha toko ATK dapat menjadi pilihan.
Selain membutuhkan modal yang jauh lebih ringan, usaha toko alat tulis kantor juga membutuhkan tenaga terampil yang lebih minim. Hal tersebut karena dalam pengoperasiannya tak melibatkan peralatan berteknologi canggih yang membutuhkan keterampilan khusus.
Hal mendasar yang harus Anda persiapkan pertama kali adalah mengetahui jenis barang apa saja yang harus tersedia di toko ATK. Yang mana jenis barang ini biasanya mirip dengan jenis barang yang dijual di fotocopy.

Langkah untuk Memulai Usaha

Meski hanya berupa toko yang menjual berbagai alat tulis dan kantor, akan tetapi usaha yang Anda lakukan harus tetap profesional. Artinya usaha harus benar-benar dijalankan dengan penuh perhitungan demi mendapatkan keuntungan serta dapat berkembang pada tahap lanjut.
Oleh karena itu sangat penting sebelum memulai usaha penjualan alat tulis dan perkantoran, Anda memastikan telah mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:

1. Pilihlah Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi bisnis adalah faktor pertama yang harus dipikirkan. Hal ini sebenarnya tak hanya berlaku pada jenis usaha penjualan alat tulis kantor saja.
Karena semua usaha pada dasarnya harus mempertimbangkan faktor pemilihan lokasi yang strategis dan menguntungkan.Khusus untuk usaha penjualan ATK, lokasi strategis yang akan memiliki nilai lebih bagi usaha adalah lokasi yang dekat dengan perkantoran.
Selain itu lokasi yang dekat dengan kompleks sekolah, pondok pesantren atau perumahan juga merupakan lokasi strategis bagi usaha ATK.Lantas bagaimana jika Anda tak memiliki lokasi strategis sebagaimana yang seharusnya? Tak usah risau.
Anda tetap dapat menekuni usaha tersebut dengan cara penjualan secara online. Untuk memaksimalkan hasil, lakukan promosi yang massif secara digital.Jika memang memiliki dana lebih untuk melakukan promosi secara profesional, maka Anda dapat mengiklankan usaha ATK tersebut.
Akan tetapi jika tidak, lakukan saja langkah promosi mandiri melalui postingan-postingan pada semua sosial media yang Anda miliki.
Di waktu senggang, tak ada salahnya untuk belajar langkah pembuatan konten promosi yang efektif dan mampu menarik konsumen. Lantas terapkan ilmu dan keterampilan itu dalam pembuatan konten promosi usaha sehingga mendongkrak penjualan.

2. Pastikan Kelengkapan Barang Jualan

Setelah memiliki lokasi yang strategis dan menguntungkan maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar jenis barang apa saja yang harus tersedia. Nantinya jadikan daftar ini sebagai pedoman atau acuan dalam membeli barang-barang untuk mengisi toko ATK Anda.
Jenis barang yang laris pada usaha ATK biasanya adalah jenis barang yang dijual di fotocopy. Mulai dari buku tulis, aneka jenis kertas, beragam ukuran, jenis dan model amplop serta map dan berbagai jenis barang lainnya.
Untuk pemilihan jenis, pastikan pada tahap awal merintis usaha Anda hanya fokus menyediakan jenis barang yang memiliki nilai jual tinggi. Artinya barang tersebut mempunyai potensi untuk dapat terjual dengan cepat dan berkesinambungan.
Tujuan pemilihan jenis barang tersebut adalah untuk mengoptimalkan perputaran modal dana yang ada. Sehingga dengan begitu stok barang akan dapat terjaga sehingga saat konsumen datang, barang yang dicari selalu tersedia.

3. Atur Waktu dan Jumlah Pengadaan Barang

Pengaturan waktu serta jumlah pengadaan barang juga menjadi faktor penting dalam menjalankan usaha ATK ini. Meski skala usaha ini termasuk kecil, akan tetapi hal tersebut tetap harus melalui perhitungan matang karena melibatkan perputaran modal dana.
Yang mana perputaran dana akan menjadi kunci agar usaha rintisan Anda bisa tetap hidup. Selain itu hal tersebut juga akan berkaitan dengan kepuasan konsumen. Kekecewaan konsumen yang tak mendapatkan barang yang dicarinya sedikit banyak akan berpengaruh pada kemungkinan untuk kembali membeli di toko Anda.
Itulah mengapa memiliki pengaturan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian jenis barang yang dijual di fotocopy menjadi sangat penting.
Untuk itu cermati dengan seksama kapan barang toko Anda biasa habis.Apabila biasa habis dalam waktu seminggu, maka lakukan pembelian stok barang dalam rentang masa itu. Atau jika belum tiba waktunya namun stok sudah menipis, maka lakukan pembelian segera agar toko tidak kehabisan stok.

4. Buatlah Penampilan Toko Menarik

Jika usaha toko ATK berjalan secara offline, maka tampilan toko harus menjadi hal yang ikut masuk dalam pertimbangan. Hal ini menjadi penting karena bagaimanapun tampilan toko yang menarik akan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.
Untuk itu Anda harus benar-benar memikirkan tampilan toko mulai dari bentuk luar (tampilan fasadnya) hingga display barang ATK. Karena ada jenis konsumen yang sangat menghindari kontak langsung dengan penjual sehingga hanya mengandalkan penglihatannya sendiri.
Jenis konsumen ini benar-benar baru akan mau membeli ke suatu toko jika yakin toko tersebut memang menjual barang yang dibutuhkannya. Di sisi lain ada juga konsumen yang datang karena tertarik dengan model display yang atraktif dan dekoratif.
Untuk menyiasati hal ini pertimbangkanlah menggunakan lemari kaca yang tembus pandang untuk menata barang-barang toko. Atau jika menggunakan model swalayan, maka gunakanlah rak-rak kayu atau besi anti karat dengan konsep industrial.
Namun jika memiliki ide atau konsep dekorasi lainnya juga bisa Anda terapkan. Intinya semua harus terlihat menarik dan tampil atraktif karena faktor visual memang menjadi sangat dominan.

5. Pilihlah Supplier yang Tepat

Sebagaimana pemilihan lokasi yang strategis, apapun jenis usaha yang Anda kelola juga membutuhkan pemilihan supplier yang tepat. Hal tersebut karena supplier adalah salah satu faktor kunci untuk melakukan penentuan harga jual barang.
Apabila Anda memiliki supplier dengan patokan harga barang yang tinggi, tentunya tak akan banyak margin keuntungan yang bisa dimainkan. Akan tetapi tentu saja kualitas barang juga harus diperhatikan, jangan sampai barang memiliki harga rendah namun mutunya juga rendah.
Jadi sebelum menentukan suatu supplier lakukanlah survey secara mendalam terlebih dahulu. Lakukan perbandingan harga dan kualitas antara beberapa supplier. Dengan begitu Anda akan dapat mengetahui supplier manakah yang sesuai dengan kriteria bisnis.

6. Gunakan 3S sebagai Dasar Pelayanan

Langkah akhir setelah kelima faktor di atas adalah memastikan karyawan atau siapapun yang melakukan pelayanan di toko memakai prinsip 3S. Prinsip 3S itu adalah senyum, salam dan sapa. Meski terdengar klise namun prinsip ini tetap menjadi penting untuk Anda terapkan.
Pastikan hal tersebut menjadi hak layanan semua konsumen yang datang, baik yang melakukan pembelian ataupun yang hanya melihat-lihat saja. Intinya berbuatlah ramah pada siapa saja yang datang ke toko.

Daftar Barang Laris yang Harus Tersedia

Nah setelah langkah untuk memulai bisnis beres, maka saatnya mengetahui daftar barang yang biasanya laris dan tersedia di toko ATK.

1. Aneka Amplop

Jenis barang pertama adalah amplop yang juga merupakan jenis barang yang dijual di fotocopy. Karena di pasaran terdapat berbagai jenis dan ukuran amplop, maka pilihlah variasi amplop demi memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam.
Seperti misalnya amplop coklat berukuran 1/2 folio atau amplop coklat Samson B yang berukuran kabinet 11.5 x 28cm. Selain itu ada juga amplop coklat jenis folio berukuran 24 x 35cm, amplop bertali airmail tipe 310, amplop ukuran 110 x 70mm dan masih banyak lainnya.

2. Penjepit Kertas

Selain amplop, sediakan juga jenis barang yang dijual di fotocopy juga berupa penjepit kertas. Misalnya binder clip nomor 105, 107, 111, 155, 200 dan nomor 260. Selain itu sediakanlah isi stapler berbagai merek dan ukuran.
Jika Anda rasa modal terlalu besar, maka pilihlah isi stapler tertentu yang paling banyak dicari konsumen.
Misalnya isi stapler merek MAX ukuran besar dan kecil serta isi stapler HD nomor 10, 10D dan 50.Selain itu sediakan pula paper clip nomor 1, 3, 5 dan pines aneka ukuran serta warna. Paling akhir sediakan juga Trigonal Klip aneka ukuran, bentuk dan warna.

3. Aneka Buku Tulis

Barang yang dijual di fotocopy yang juga harus tersedia pada bisnis toko ATK Anda adalah buku tulis. Ketersediaan untuk jenis barang yang satu ini harus beragam mengingat ada banyak sekali fungsi atau manfaat penggunaannya. Selain itu kesukaan konsumen pasti juga beragam. Berikut daftar jenis buku tulis yang dapat Anda jadikan acuan:
  • Buku tulis ukuran A5 dengan berbagai macam motif seperti batik, abstrak, bunga-bunga, pemandangan alam atau gambar kartun yang sedang hits.
  • Buku tulis berukuran folio. Sediakan juga dalam beberapa merek serta beberapa motif sampul untuk mengakomodir selera para konsumen.
  • Buku tulis berukuran kuarto (isi 100 lembar).
  • Berbagai merek, motif, jenis serta ukuran buku catatan
  • Buku tulis kotak untuk pangsa pasar anak usia sekolah (untuk pelajaran Matematika).
  • Buku ekspedisi berisi 100 lembar.
  • Buku folio, baik yang berukuran besar maupun kecil.
  • Buku gambar dalam aneka ukuran (A3, A4 dll).
  • Buku kliping, buku nota dan buku notes untuk Pramuka.
  • Sediakan juga buku tulis ukuran besar merek Big Boss, Boxy atau Campus yang biasanya banyak digunakan oleh pelajar SMA atau anak kuliah.
  • Buku tulis halus serta buku tulis anak sekolah yang berisi 32, 38 serta 58.

4. Aneka Pemotong

Selanjutnya barang yang dijual di fotocopy dan harus tersedia pada toko ATK Anda adalah aneka jenis pemotong. Mulai dari rautan pensil, gunting berukuran kecil, sedang dan besar. Jangan lupa sediakan pula aneka ukuran cutter beserta isi refill-nya.

5. Ragam Ukuran Kertas

Selain buku tulis, kertas termasuk juga jenis barang yang dijual di fotocopy dan merupakan benda yang banyak ditanyakan konsumen ATK. Jenis kertas yang dapat Anda siapkan adalah kertas HVS merek Sidu A4 70gr dan kertas buffalo aneka warna serta motif.
Kemudian siapkan juga kertas double folio bergaris, aneka warna dan motif kertas kado premium serta biasa. Selanjutnya sediakan kertas label, kertas lipat, kertas manila dan kertas marmer.

6. Berbagai Jenis Perekat

Aneka perekat seperti lakban berwarna hitam tebal dan coklat yang biasa digunakan untuk membungkus paket juga harus menjadi item tersedia. Jangan lupa juga sediakan barang yang dijual di fotocopy seperti isolasi double tape ragam ukuran ketebalan.
Juga isolasi hitam untuk kabel serta selotip bening aneka merek & ukuran. Selain lakban dan isolasi sediakan pula beraneka macam lem. Misalnya lem besi, lem cair untuk kertas, lem serba guna berbagai bentuk dan lain-lain.

7. Berbagai Ukuran dan Warna Map + Alat Ukur

Untuk keperluan bagi orang kantoran, jangan lupa juga sediakan aneka jenis, warna dan ukuran map. Permintaan tertinggi biasanya adalah map kertas coklat tanpa kancing dan map kertas coklat berkancing tali. Selain itu ada juga map plastik dengan atau tanpa penutup.
Alat ukur seperti penggaris besi, plastik dan mika dalam ukuran 30, 40 dan 50 cm sebaiknya juga tersedia. Selain itu sediakan pula aneka busur, penggaris segitiga dan jangka.

8. Beraneka Ragam Alat Tulis

Tentunya karena bisnis Anda berkaitan dengan alat tulis, maka sediakan pula aneka ragam barang yang dijual di fotocopy juga. Seperti berbagai jenis alat tulis terlaris yang paling laku.
Yaitu antara lain pensil 2B aneka merek, pensil mekanik, aneka merek dan jumlah (isi) pensil warna, krayon, spidol permanen dan spidol whiteboard.
Sediakan pula aneka merek dan warna stabilo, aneka warna isi spidol permanen dan whiteboard serta stampad merk Artline plus tintanya. Untuk pangsa pasar mahasiswa biasanya akan mencari jenis pulpen yang memiliki ukuran tertentu serta jenis pulpen faster cetekan.

9. Berbagai Penghapus, aksesoris Komputer Dll

Jangan lupa sediakan pula barang yang dijual di fotocopy seperti aneka penghapus berbagai bentuk, jenis dan ukuran Selain itu sediakan juga aneka correction pen atau correction tape berbagai merek.
Jika memiliki modal lebih, tak ada salahnya untuk juga menyediakan tinta isi ulang printer aneka merek dan warna. Juga mouse, mouse pad, CD atau VCD serta casingnya, sampul buku, aneka masker kesehatan, post it dan materai Rp 10.000.

Hal Penting yang Harus Diperhitungkan

Nah sebagai langkah akhir dalam mewujudkan rencana bisnis Anda, maka ada beberapa hal penting yang juga harus ikut Anda perhitungkan.

1. Mencatat Barang Permintaan Konsumen

Terkadang Anda merasa telah menyediakan semua jenis barang yang dijual di fotocopy. Namun dalam prakteknya ada saja konsumen atau pelanggan baru datang ke toko lalu menanyakan ketersediaan suatu barang yang sedang dibutuhkan.
Yang mana sayangnya, di toko Anda ternyata tak tersedia. Nah saat menghadapi hal ini, jangan pandang remeh. Segera catat jenis kebutuhan tersebut. Lalu sediakan di toko Anda agar suatu saat jika ada permintaan yang sama, konsumen tak mencari ke tempat lainnya.

2. Kesesuaian Barang dengan Lingkungan

Selain menyediakan jenis barang yang dijual di fotocopy, juga sesuaikan ketersediaan barang dengan lingkungannya. Artinya jika lokasi toko di perkantoran maka lengkapi kebutuhan perkantoran secara optimum.
Namun jika dekat dengan area pendidikan, maka titik beratkan ketersediaan barang pada aneka kebutuhan sekolah.

3. Menjadikan Tokojadi.net sebagai Suplier Toko

Langkah paling akhir, jadikan Tokojadi.net sebagai supplier tunggal bisnis ATK Anda, agar mendapatkan ragam keuntungan berikut:
  • Semua barang yang Anda beli merupakan barang baru serta terjamin orisinalitasnya.
  • Dalam persyaratan tertentu bisa gratis ongkir dengan sistem pembayaran COD.
  • Tersedia kurir dari Tokojadi.net sehingga barang terjamin aman.
  • Tersedia toko offline yang dapat Anda kunjungi.
  • Tersedia layanan Customer Service untuk pembelian offline.

Nah bagaimana masih ragu untuk menggunakan layanan Tokojadi.net? Semoga uraian tentang daftar barang yang dijual di fotocopy ini dapat membantu mewujudkan rintisan langkah bisnis Anda, semoga sukses!
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007